Ini Efek Emosi dalam Warna Cat Interior Rumah

 On Selasa, 07 April 2015  

Efek Emosi dalam Warna Cat Interior Rumah - Anda sedang mencari insipirasi warna cat untuk interior rumah? Pastinya sudah kenal dengan konsep color wheel atau roda warna. Ya dengan memahami roda warna dan efek psikologi yang ditimbulkan dapat menjadi acuan untuk menentukan warna yang pas dengan kepribadian Anda.

Seperti yang kita ketahui, ada 3 warna utama dalam roda warna ini yaitu merah, biru dan kuning. Ketika 3 warna primer ini di campur akan menghasilkan warna skunder, contohnya violet (kombinasi merah dan biru), hijau (kombinasi biru dan kuning) dan orange (kombinasi merah dan kuning). Setengah dalam roda warna mempunyai warna-warna yang sejuk seperti biru, ungu dan hijau. Setengah lainnya terdiri warna hangat seperti warna merah, orange dan kuning.

Efek Emosi dalam Warna Cat Interior Rumah

Ada begitu banyak pilihan kombinasi warna yang bisa kita terapkan untuk interior rumah kita, tetapi penting juga untuk memahami efek yang ditimbulkan oleh sebuah warna, berikut ini beberapa penjelasan tentang warna dan efek emosi yang ada di baliknya.

image via homedit.com
Putih: Warna ini memberikan suasana damai dan tenang. Warna ini cocok diterapkan pada ruang kamar tidur dan kamara mandi. Namun warna putih juga bisa menimbulkan nuansa hampa, jadi ada baiknya Anda menghias lis dinding dan siding dengan warna cerah seperti biru, merah atau warna terang lainnya. Alternatif lainnya, warna putih bisa dikombinasikan dengan warna krem dan abu-abu.

image via homecaprice.com
Hitam: Hitam merupakan warna yang berani dan dapat menciptakan berbagai suasana hati. Warna ini dapat menjadikan ruangan tampak mutakhir dan stylish. Untuk meyeimbangkan warna hitam, gunakanlah furnitur berwarna terang dengan nuansa krem atau abu-abu. Selain itu Anda juga dapat menggantungkan lukisan pada dinding dengan cat hitam, ini akan menjadikan ruangan terlihat funky. Warna ini cocok untuk ruang tamu dan warna turunannya, abu-abu cocok untuk kamar tidur atau kamar mandi. Namun biasanya warna hitam dikaitkan dengan kegelapan, jadi Anda harus mengunakan warna ini dengan hati-hati.


image via nallau.com
Biru: Warna ini populer untuk mengecat interior rumah dan cocok untuk semua ruangan, terutama kamar tidur dan kamar mandi. Warna biru memberikan suasana hati yang tenang dan sejuk. Nuansa warna biru yang terkenal adalah aqua, pirus dan biru langit.

image via vhuzi.com
Kuning: Warna ini sangat cocok untuk kamar tidur anak-anak, karena warna kuning dapat menciptakan perasaan cerah dan ceria. Anda bisa mengkombinasikan warna ini dengan hampir semua warna, namun warna yang paling pas biasanya adalah warna merah dan biru.

image via posuke.com
Coklat: Warna ini bisa menimbulkan efek perasaan muram dan kusam, namun kalau dikombinasikan dengan furnitur yang tepat bisa menjadikan ruangan terlihat berani dan maskulin. Warna ini cocok untuk kamar tidur pria.

image via fancycribs.com
Merah: Warna ini indentik dengan perasaan berani dan gairah. Warna turunannya seperti merah muda banyak digunakan untuk kamar tidur perempuan. Warna turunan lainnya merah anggur dan melon cocok untuk ruang keluarga jika terdapat furnitur berwarna cerah. Anda juga bisa mengkombinasikan warna ini dengan warna lainnya seperti kuning, biru dan putih.

image via housetohome.co.uk
Hijau: Warna ini kurang pas kalau digunakan untuk ruang interior, namun bisa juga untuk mengecat ruang dapur. Warna ini melambangkan alam dan menciptakan suasana keseimbangan dan harmoni. Anda bisa mengkombinasikan warna ini dengan warna kuning, putih dan abu-abu untuk menjadikan ruangan tampak lebih menarik.

image via decoration7.com
Ungu: Warna ini indetik dengan gaya dan kecanggihan. Selain itu warna ini juga menjadi pilihan populer untuk kamar tidur perempuan dan ruang dapur kontemporer.

Tips:

Berikut ini tips untuk memilih warna cat untuk interior rumah:

- Selalu menyeimbangkan warna, misalnya, jika dinding dicat dengan warna-warna cerah, tempatkan furnitur berwarna terang di dalam ruangan dan sebaliknya. Warna-warna berani seperti merah bisa dilengkapi dengan peralatan berwarna hitam atau mebel dengan warna putih, dll.

- Jika Anda ingin menciptakan suasana tenang, pilih skema warna monokromatik (satu warna utama dikombinasikan dengan dua atau lebih warna turunan).

- Cat semi gloss sangat tahan lama dan dapat dibersihkan. Cat jenis ini cocok digunakan untuk ruang dapur dan kamar mandi. Untuk kamar tidur dan ruang tamu, Anda bisa menggunakan cat jenis flat.

- Gunakan software virtual atau sempel cat untuk memilih warna yang tepat dan cocok dengan ruang interior rumah Anda.

- Sebelum mengecat ulang interior rumah, pastikan Anda telah menyelesaikan persiapan pengecatan, seperti mengikis cat lama, menyingkirkan jamur, dll.

Ini Efek Emosi dalam Warna Cat Interior Rumah 4.5 5 Tri Laksono Selasa, 07 April 2015 Efek Emosi dalam Warna Cat Interior Rumah - Anda sedang mencari insipirasi warna cat untuk interior rumah? Pastinya sudah kenal dengan konse...