4 Gaya Skema Warna Cat Untuk Eksterior Rumah

 On Sabtu, 04 April 2015  

4 Gaya Skema Warna Cat Untuk Eksterior Rumah - Eksterior rumah memang salah satu yang menjadi perhatian dalam memoles tampilan rumah agar tampak cantik dan nyaman dipandang. Jika Anda salah memilih warna, rumah akan terlihat kurang bagus. Jika Anda tepat memilih skema warna, bisa membuat rumah Anda tampak paling menonjol di lingkungan sekitar. Mau kan rumah Anda jadi rumah yang paling elok? Nah untuk itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai gaya skema warna cat untuk eksterior rumah.

4 Gaya Skema Warna Cat Untuk Eksterior Rumah


1. Skema Warna Tunggal

Skema warna ini merupakan gaya yang paling umum diterapkan oleh kebanyakan orang. Gaya ini hanya menggunakan satu warna utama ditambah dengan dua atau lebih warna yang sama untuk mempertegas. Contohnya warna utama biru terang bisa dikombinasikan dengan biru muda dan biru tua. Skema warna tunggal ini disebut juga dengan warna monokromatik.

Gaya skema warna ini paling cocok untuk rumah yang berada di lingkungan konservatif dan juga pas untuk pemilik rumah yang tidak ingin mengambil resiko, dan tidak ingin bereksperimen dengan warna yang berbeda.

2. Skema Warna Saling Melengkapi

Dalam skema warna gaya ini, dua warna yang saling melengkapi digunakan untuk mengecat eksterior rumah. Warna yang saling melengkapi ini adalah warna yang berlawanan satu sama lain pada spektrum palet warna. Skema saling melengkapi menawarkan banyak nuansa kontras yang menjadikan rumah tampak lebih hidup. Rumah akan tampak hidup dengan satu warna dominan danditambah dengan dua atau tiga aksen warna yang saling melengkapi.

3. Skema Tiga Warna

Seperti namannya, skema ini menggunakan tiga warna yang berbeda ditempat yang berdekatan. Jika Anda ingin mengecat eksterior rumah Anda dengan gaya skema tiga warna ini, Anda perlu saran seorang ahli, kenapa? Karena skema ini sangat kompleks. Jika Anda sembarangan menentukan warna dan posisi, eksterior rumah Anda akan tampak kacau, bisa terlalu mencolok dan norak. Jika kompisisnya tepat, eksterior rumah Anda akan terlihat bersemangat, eye-catching dan indah.

4. Skema Warna Analog

Skema ini juga dikenal sebagai skema warna yang berhubungan, berdekatan atau saling terkait. Skema warna ini menggunakan warna-warna yang diposisikan saling berdekatan. Dalam hal ini, satu warna dominan dan warna lain digunakan sebagai highlight. Ini merupakan skema yang cukup kompleks, tetapi karena ada keselarasan yang melekat antara warna cluster yang dipilih jadinya lebih mudah diterapkan dibandingkan dengan skema tiga warna.

Tips

- Gunakanlah skema warna yang sinkron dengan seluruh bagian eksterior rumah. Pastikan juga tidak ada bentrokkan warna dengan landscape atau dengan interior rumah.

- Warna terang membuat rumah terlihat lebih besar, sementara warna gelap membuat rumah terlihat lebih kecil. Warna terang lebih menyoroti rincian pada permukaan dinding. Jadi, jika Anda memiliki rumah dengan ukuran kecil, gunakanlah warna cat yang terang agar rumah tampak lebih besar.

- Belilah cat dengan kualitas terbaik. Mungkin harganya sedikit lebih mahal tapi biasanya punya daya tahan yang bagus. Cat dengan kulitas bagus merupakan pilihan yang lebih murah dalam jangka panjang.

Sebuah survey menungkapkan bahwa skema warna eksterior rumah yang paling populer adalah warna putih, biru muda, krem, beige dan coklat. Mungkin ini disebabkan karena keseimbangan dan harmoni yang diproyeksikan oleh warna-warna netral seperti warna beige dan krem. Demikian ulasan mengenai skema warna cat untuk eksterior rumah, semoga bermanfaat, salam!
4 Gaya Skema Warna Cat Untuk Eksterior Rumah 4.5 5 Tri Laksono Sabtu, 04 April 2015 4 Gaya Skema Warna Cat Untuk Eksterior Rumah - Eksterior rumah memang salah satu yang menjadi perhatian dalam memoles tampilan rumah agar ta...